Skip to main content

Masa Depan Guru Bahasa Inggris dan Profesi Guru Bahasa Inggris Masa Depan

Apa yang pertama kali ada di pikiran kalian ketika mendengar “Bahasa Inggris”? Apa kalian memikirkan tentang betapa susahnya mempelajari bahasa tersebut? Apa kalian mengira itu adalah hal yang keren dan sangat spesial ketika kalian bisa menggunakannya dan menguasainya?
Nyatanya, di zaman sekarang, bahasa Inggris bukan lagi suatu hal yang sangat spesial. Melainkan suatu kebutuhan. “loh mengapa demikian?” jawabannya adalah selain bahasa Inggris adalah bahasa universal, yang diterima dihampir seluruh dunia dan hampir kebanyakan orang, bahasa Inggris juga dapat memudahkan kita dalam menghadapi persaingan di dunia pekerjaan nanti. Bahasa Inggris dapat membantu dan memudahkan kita dalam hidup di masa depan nanti.
Di zaman yang serba canggih ini, tidakkah kalian ingin berteman, berbicara,  sekedar chatting dengan orang asing? Orang asing yang saya maksud di sini bukan makhluk luar angkasa, terlebih lagi alien-alien seperti di drama Korea. Orang asing yang saya maksud adalah orang luar negeri, orang yang bukan berasal dari negara kita, Indonesia. Orang Indonesia biasanya menyapa mereka dengan sebutan “Bule”.
Jika kalian ingin hal tersebut, jangan khawatir. Tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri untuk hal demikian. “loh???? Lalu bagaimana?” ini mudah loh teman-teman. Karena di zaman sekarang, di zaman kita hidup saat ini, sudah cukup canggih. Kita dapat memanfaatkan gadget kita dan fasilitas internet. Sekarang ini, banyak sekali social media yang tersedia, yang memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan mereka. Bukan tidak mungkin kalau kalian akan menemukan soulmate kalian dari sana.
Lantas, apasih yang kalian perlukan untuk hal tersebut? Ya! Benar sekali! Bisa berbahasa Inggris. Jika kalian mampu menggunakan bahasa Inggris, itu akan sangat membantu kalian dalam hal tersebut. Lalu, muncul lagi pertanyaan di benak kalian “bagaimana sih caranya agar dapat berbahasa Inggris yang baik dan benar?”, tentunya kalian memerlukan seorang pembimbing, pengajar, ataupun guru, bukan? Mungkin, kalian tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk kursus. Kalian bisa saja memanfaatkan fasilitas internet, kalian bisa saja mempelajarinya melalui internet. Lebih mudah diakses dan lebih menghemat biaya. Tapi, tetap saja, internet tidak akan pernah bisa menggantikan sosok ataupun peran dari seorang guru. Kalian masih sangat membutuhkan sosoknya.  Sosok nyata, dimana kalian bisa bertanya secara langsung, bertatap muka, dan memperhatikan jawabannya secara langsung.
Di zaman sekarang, tidak sedikit orang yang belajar berbahasa Inggris. Tidak sedikit pula anak-anak yang sudah mahir dalam menggunakannya apalagi mempraktikkannya. Lantas, bagaimana dengan calon guru bahasa Inggris di masa depan? Pasti akan ada persaingan yang sengit, antara “non-native speaker” dengan “native speaker”, bukan hanya itu, akan ada tantangan yang sangat besar, ketika kita terjun langsung mengajar anak-anak yang dari kecil sudah mahir dalam menggunakannya.
Native speaker mungkin akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan sebagai guru bahasa Inggris, karena mereka lebih menguasai di bidang itu. Tidak, saya tidak ingin membuat siapapun yang membaca ini menjadi tidak termotivasi ataupun berpikir ratusan kali untuk sekedar bercita-cita menjadi guru, terutama guru bahasa Inggris. Harusnya ini menjadi acuan untuk kita, para calon guru bahasa Inggris, untuk lebih giat lagi dalam menekuni bidang yang kita ambil.
Bayangkan, jika kita sebagai calon guru hanya mempunyai kemampuan dalam skala 1-10 hanya 5, kira-kira, hasil siswa yang kita didik akan seperti apa? Akan berapa kemampuan yang dimilikinya nanti?
Berdasarkan pengalaman pribadi saya, ketika mata pelajaran bahasa Inggris dimulai, hampir semua guru bahasa Inggris yang pernah mengajari saya, mereka hampir tidak pernah berbicara ataupun menjelaskan dalam bahasa Inggris. Bukankah hal itu sedikit aneh? Saya baru menyadarinya sekarang. Saya tidak bermaksud merendahkan mereka apalagi mengejeknya. Berarti dari sini saya sudah dapat mengambil pelajaran dari kesalahan guru-guru saya di masa lalu. Dan saya ataupun kalian yang membaca ini, tidak boleh membuat sejarah lama terulang kembali. Bukan begitu, teman-teman?
Peran kita sebagai guru amat sangat penting disini. Jika kalian, siapapun yang membaca ini, memutuskan untuk berprofesi demikan ataupun ingin menekuni bidang pendidikan, maka, kalian harus benar-benar memahami dan mendalaminya. Karena kelak, kalian akan menjadi panutan bagi mereka.
Di samping peran kita yang amat sangat penting nantinya, kita juga harus menjadi guru yang berkompeten. Jangan terlena akan ‘seberapa penting peran kita’ lalu kita lupa kalau kita juga mempunyai kewajiban dan tanggung jawab yang amat sangat besar dan berat.
Jadi, sebelum kalian benar-benar terjun untuk mengajar nanti, kalian harus mempunyai kemampuan berbahasa Inggris yang baik, dapat menjelaskan materi dengan bahasa Inggris yang baik dan benar, dapat memanfaatkan fasilitas yang ada, berinovasi dan kreatif dalam mengajar. Karena, itu akan sangat menarik. Apalagi mampu mengoperasikan teknologi dengan baik, itu akan menjadi nilai plus bagi kalian dari mereka. Ini juga berlaku untuk diri saya sendiri.
Dari sini kita dapat menyimpulkan, kalau profesi guru bahasa Inggris masa depan akan sangat cemerlang dan dibutuhkan.

Mungkin, sekian dari tulisan yang saya buat ini, pasti tidak sedikit yang akan bertentangan dan berbeda pendapat dengan saya, dan pastinya sangat banyak kekurangan dari tulisan ini. Lain kali kita dapat membicarakan topik yang sedikit santai, namun menarik. Sampai jumpa lagi, good people!

Oleh : Diah Rahmawati Lestari (B ING/ 2016850086)
Fakultas Ilmu Pendidikan

Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris

Comments

  1. Pada dasarnya Indonesia butuh fasilitator bhs inggris yg inovatif & bnyk kreasi. Pentingnya bhs inggris akan jadi kunci agar mau belajar

    ReplyDelete
  2. udah bagus banget, cuma masih ada sedikit koreksi sama penulisannya

    ReplyDelete
  3. Tulisan nya bagus namun ada koreksi saja, penulisan serta pengulangan kata nya

    ReplyDelete
  4. Min Kalo Masa Depan Saya Gimana Ya ��

    ReplyDelete
  5. sudah hampir bagus tulisannya memang kita msh butuh guru bahasa Inggris karna apa? manusia yg lahir di Inggris saja masih butuh guru bahasa inggris apalagi kita di indonesia

    ReplyDelete
  6. semoga aku dan kamu bisa menjadi guru bahasa Inggris yang dapat mencerahkan kehidupan bangsa. "if you cant be a teacher, dont be a teacher."- Ms. Zaitun

    ReplyDelete
  7. alhamdulillah gua tau bahasa inggris bukan dari jalur pendidikan. bisa karena suka, bisa karena mau, bisa karena berusaha,
    gua Rifki Ramanda Terima Kasih

    ReplyDelete
  8. Intinya English is important. bukan cuma buat ngegebet bule-bule kece, tapi juga untuk bersaing dengan manusia-manusia internasional! 😉

    ReplyDelete
  9. Saya berharap besar agar kamu, saya, dan kita semua, dapat mengubah kesalahan-kesalahan di masa lalu yang di lakukan oleh guruh Bahasa Inggris sebelumnya

    ReplyDelete
  10. Masa depan saya gimana? Dengan adminnya kah? 😄

    ReplyDelete
  11. Intinya bahasa inggris bukan cuma buat gaya2an di jaman skarang. Tapi emang wajib di pelajari buat dimasa depan. 👍💙💙

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Research Design

A.     Introduction Research has been defined in a number of different ways, and while there are similarities, there does not appear to be a single, all-encompassing definition that is embraced by all who engage in it. One definition of research is used by the OECD, "Any creative systematic activity undertaken in order to increase the stock of knowledge, including knowledge of man, culture and society, and the use of this knowledge to devise new applications. Another definition of research is given by  John W. Creswell , who states that r esearch is a process of steps used to collect and analyze information to increase our understanding of a topic or issue. It consists of three steps: pose a question, collect data to answer the question, and present an answer to the question. The Merriam-Webster Online Dictionary defines research in more detail as "studious inquiry or examination; especially: investigation or experimentation aimed at the discovery and interpretation

A little update

It's been such a long time since I wrote and updated here. I guess my "writing skills"   has long gone–not that I have good writing skills to begin with. I just feel like I don't know how to convey the messages I want to say like I used to. Time went by and a lot of things have changed. I am not the same person as I was last year. I am changed but some things remain the same and pain still stays within me. Time flies but it doesn't heal anything. I can confidently say that. We are just getting used to it. Some things still hurt but it doesn't hurt as much as it used to be.  Sometimes, it's bearable. The next day, it hits a rock bottom. Don't get it mixed. Just because someone is used to it, doesn't mean it DOESN'T hurt them & they deserve it.  Everyone deserves their peace. I can't wait for mine to come. The day I can finally feel at peace.